SOAL + jawaban UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN STKIP “PANCA SAKTI”



images.jpegUJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP “PANCA SAKTI”
Kampus Pusat: Jalan Pasar Kecapi No. 2 Jatirahayu, Pondok Gede – Bekasi
Phone / Fax : 021 – 84799181

Mata kuliah    :  Manajemen Berbasis Sekolah
Dosen              :  H. Arnan
Program         :  Strata 1 (S1)

S O A L :
Jawablah pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan benar dan jelas!
1.      Apa yang dimaksud dengan manajemen berbasis sekolah (MBS) ?
2.      Apa tujuan manajemen berbasis sekolah (MBS) ?
3.      Apa karakteristik manajemen berbasis sekolah (MBS) ?
4.      Pada tahun berapakah MBS terjemahan langsung dari school – based management (SBM) dan dinegara mana istilah ini mula – mula muncul ?
5.      Sebutkan enam fungsi pokok istilah manajemen ?
6.      Penerapan MBS yang efektif secara spesifik mengidentifikasi beberapa manfaat spesifik dari penerapan MBS, sebutkan dua saja ?
7.      Sebutkan beberapa hambatan yang mungkin dihadapi pihak – pihak kepentingan dalam penerapan BMS ?
8.      Tujuan umum manajemen  sarana dan perasarana pendidikan disekolah adalah ?
9.      MBS memberikan beberapa manfaat diantaranya, sbutkan satu saja ?
10.  Alasan yang sama diseluruh tempat manajemen berbasis sekolah diimplementasikan adalah ?
11.  Apa itu MBS ?
12.  UUD berapa MBS menjadi trend baru dalam restrukturisasi pendidikan diindonesia sebagai aplikasi pelaksanaan dan tentang apa ?



DAN INI UNTUK JAWABAN PERTANYAAN NYA




J A W A B A N :
1.      Merupakan pengelolaan sekolah oleh komunitas skolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.Dalam hal ini mutu pendidikan mengacu pada masukan, proses,luaran,dan dilihat dari perspektif yang lebih luas.
2.      Tujan MBS bukan mendongkrak prestasi belajar siswa, melainkan melakukan pemberdayaan sekolah
3.      Katakteristik manajemen berbasis sekolah tentunya tidak terlepas dari pendekatan,input,proses,output,pendidikan.
4.      Istilah ini mula muncul diAmreika serikat pada Tahun 1970 – an
5.      1.merencanakan (Planning)
2.mengorganisasikan (Organizing)
3.mengarahkan (Directing)
4.mengkoordinasikan (Coordinating)
5.mengawasi (Controlling) dan
6.mengevaluasi (evaluation)
6.   1. memungkinkan orang – orang yang kompeten disekolah untuk mengambil keputusan yang akan meningkatkan pembelajaran
      2. member peluang bagi seluruh anggota sekolah untuk terlibat dalam pengambilan keputusan penting.
7.   1.Tidak berminat untuk terlibat
                  2.Tidak episien
        3.Pikiran kelompok
        4.Memerlukan perlatihan
       5.Kebingungan atas peran dan tanggung jawab baru dan lain – lain
8.  Untuk memberikan layanan secara professional dalam rangka terselanggaranya proses pendidikan secara      efektif dan efisien.
9.  Dengan kondisi setempat sekolah dapat meningkatkan kesejahteraan guru sehingga dapat lebih berkonsentrasi pada tugasnya.
10.  Bahwa adanya peningkatan otoritas dan tanggung jawab ditingkat sekolah tapi masih dalam kerangka kerja
yang ditetapkan dipusat untuk memastikan bahwa suatu makna system terpelihara.
11.  MBS adalah upaya serius yang rumit, yang memunculkan berbagai isyu kebijakan yang melibatkan banyak Uni
12.  UUD No. 22 tahun 1999 tentang otonomi daerah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
TUGAS KULIAH